Jewel Rock dan Sean Sheila, Dua Brand Indonesia yang Resmi Masuk Paris Fashion Week 2022. (Foto: Pikiran Rakyat)

Jakarta, MNEWS.co.id – Paris Fashion Week (PFW) 2022 kembali digelar. Di Indonesia sendiri, perhelatan tersebut menjadi sorotan khususnya saat ini pasca sejumlah brand lokal mengklaim menjadi peserta.

Faktanya hanya ada dua brand asal Indonesia yang resmi diundang oleh pekan mode yang diselanggarakan oleh Federation de la Haute Couture et de la Mode (FHCM) itu. Mereka adalah Jewel Rocks dan Sean Sheila.

Meski keduanya tidak melenggang di runway, kedua jenama ini mendapat spot di showroom yang bertempat di Palais Brongniart, dan dijadwalkan tampil sejak 4 sampai 7 Maret 2022. Pameran tersebut merupakan bagian dari program bertajuk Indonesian Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency’.

Di Indonesia sendiri, dua jenama di atas mungkin kurang familiar di telinga kita. Bali Jewel Rocks Bijoux merupakan produk lokal perhiasan buatan tangan dari material yang unik berasal dari Seminyak, Bali. Pemilik usaha Jewel Rocks yakni Imelda Widjadja, Ia mengawali usahanya ini sejak tahun 2006.

Perhiasan Jewel Rocks Bijoux dibuat dari pecahan batu mulia dan manik-manik Jepang dalam warna-warni yang unik. Perhiasan ini dibuat dengan teknik tradisional oleh tangan-tangan para pengrajin perempuan di Bali.

Ada dua jenis koleksi yang dibawa ke PFW 2022, yaitu Jewel Rocks Women’s Classic Collection dan Jewel Rocks Neon Yogi Collection. Koleksi pertama terdiri dari produk-produk terlaris mereka, sedangkan yang kedua terinspirasi dari kehidupan spiritual dan kebudayaan di Bali dan Asia Tenggara dengan sedikit modifikasi. Ada juga item khusus yang disiapkan untuk Paris Fashion Week.

Sementara itu, Sean Sheila adalah jenama fesyen yang berdiri sejak tahun 2014. Nama ini diambil dari nama kedua desainer, yaitu Sean dan Sheila, yang keduanya merupakan lulusan sekolah di Singapura.

Di Instagramnya, Sean Sheila menuliskan bahwa perusahaan mereka adalah pabrik garmen untuk penyandang disabilitas. Setiap pakaian dibuat oleh tangan para penyandang disabilitas.

Sebagai label pakaian mewah untuk pria dan wanita, Sean Sheila sudah menerima banyak penghargaan. Koleksi fesyennya mewujudkan budaya tradisional timur dengan siluet barat yang kuat, terstruktur, dan modern. Seluruh koleksinya memiliki teknik bordir yang khas. Dalam Paris Fashion Week 2022, Sean Sheila menampilkan 23 look yang terinspirasi dari film Annihilation.