Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali digelar.

Jakarta, MNEWS.co.id – Pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara, Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), kembali digelar setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. INACRAFT 2022 digelar mulai 23-27 Maret 2022 di Balai Sidang Senayan, Jakarta.

Sebagai pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara, INACRAFT menjadi salah satu pameran yang selalu dinanti oleh para penggiat dan peminat produk kerajinan dalam negeri. Pada tahun ini, INACRAFT hadir dengan mengusung tema “Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market”.

The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) diselenggarakan secara hybrid dan masyarakat juga bisa mengunjungi lokasi pameran tanpa dipungut biaya sepeser pun. Sebanyak 722 peserta hadir dalam pameran ini, terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN. Kemudian, terdapat 150 merchant stores untuk masing-masing kegiatan daring.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka pameran INACRAFT 2022 yang menampilkan berbagai produk kriya hasil kreasi dari para pengrajin Tanah Air. Dalam sambutannya, Jokowi mengajak masyarakat untuk mencintai produksi dalam negeri, terutama produk kerajinan yang akan memajukan perekonomian para pengrajin serta UMKM.

Presiden Joko Widodo membuka pameran industri kerajinan INACRAFT 2022 yang dipantau secara virtual dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/3022).

Menurutnya, jika masyarakat Indonesia menggunakan produk dalam negeri, termasuk produk kerajinan tangan, maka akan memajukan para perajin Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri, utamanya produk-produk kerajinan. Ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita,” ucapnya.

Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia, Muchsin Ridjan berharap, INACRAFT tahun ini dapat membantu meningkatkan ekonomi, termasuk secara daring.

Kehadiran INACRAFT dinilai menjadi primadona bagi pengrajin dan pengusaha kriya serta paling ditunggu para pembeli atau peminat handicraft luar negeri yang tentunya akan berdampak naiknya ekspor kerajinan tangan UMKM. Berbagai kerajinan menarik hasil pengrajin Tanah Air seperti keramik, anyaman, kaca, sepatu, tas, dan aneka perhiasan hadir meramaikan acara tersebut.