Apkasi Otonomi Expo 2019, Jakarta, 3-5 Juli 2019. (Foto: Apkasi)
Apkasi Otonomi Expo 2019, Jakarta, 3-5 Juli 2019. (Foto: Apkasi)

Jakarta, MNEWS.co.idApkasi Otonomi Expo (AOE) 2019 kembali digelar. Mengambil tema “Kemitraan Bisnis untuk Peningkatan Ekonomi Lokal Berkelanjutan”, event tahunan ini bertujuan untuk melejitkan potensi unggulan daerah agar naik kelas di kancah regional dan global.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan membuka Apkasi Otonomi Expo 2019 di Jakarta Convention Center, Rabu (3/7/2019). Wiranto yang datang mewakili Presiden Joko Widodo meminta daerah-daerah berkolaborasi dalam inovasi untuk memajukan daerah masing-masing.

“Beliau minta mengharapkan adanya inovasi-inovasi baru di semua daerah tetapi juga berkolaborasi. Jadi setiap daerah kecuali berpacu kompetisi dalam inovasi, tetapi harus ada kolaborasi,” kata Wiranto.

Wiranto berharap, melalui penyelenggaraan acara yang diisi pameran produk dari berbagai daerah itu, pemerintah daerah dapat saling belajar dan saling mengombinasikan keunggulan daerah masing-masing.

Di samping itu, pemerintah daerah juga diminta untuk mempunyai produk unggulan masing-masing. Menurutnya, pemerintah daerah harus fokus menggarap produk unggulan itu supaya bisa bersaing di tingkat dunia.

“Jangan kemudian semua produk ingin dikembangkan, enggak bisa. Ada produk unggulan yang menjadi fokus daerah yang menjadi komoditas bisa dimainkan enggak hanya skala nasional tapi skala global,” ujar Wiranto.

Wiranto pun mendorong para pengusaha lokal lebih banyak memanfaatkan teknologi seperti e-commerce untuk memasarkan produk-produk mereka.

Ketua Umum Apkasi Mardani Maming mengatakan, acara yang diikuti oleh 377 kabupaten itu juga bisa menjadi wadah pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kawan-kawan UMKM yang belum maju sehingga bIsa melihat kawan-kawan UMKM yang sudah ada, yang kemasannya bagus, sehingga bisa masuk ke supermarket-supermarket Indonesia bahkan luar negeri,” ujar Mardani.