Ilustrasi Warung Pintar. Foto: (doc/Techinasia)
Ilustrasi Warung Pintar. Foto: (doc/Techinasia)

Banyuwangi, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi baru-baru ini menjalin kerja sama dengan perusahaan rintisan (startup) bidang teknologi ritel, yakni Warung Pintar. Sinergi ini bertujuan untuk mengangkat potensi daya saing usaha mikro kecil menengah (UMKM), termasuk warung-warung kecil, serta menumbuhkan iklim wirausaha kepada masyarakat lainnya.

“Kami sudah bertemu dengan Founder dan CEO Warung Pintar Agung Bezharie dan Harya Putra. Mereka juga sudah ke Banyuwangi. Insya Allah sebentar lagi sudah matang skema kolaborasinya,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pada Minggu (11/11/18), dilansir dari ANTARA.

Anas menambahkan, setidaknya terdapat dua skema yang akan dilakukan. Pertama, menempatkan Warung Pintar di ruang-ruang publik dan objek-objek wisata di kabupaten paling timur di Pulau Jawa itu.

“Yang punya ini saya harapkan bukan orang per orang nantinya, tapi komunitas. Misal di ruang publik daerah A, maka yang mengelola adalah komunitas warga di sana, bisa koperasi atau kelompok pengajian ibu-ibu dan anak-anak muda. Sekaligus menggiatkan kewirausahaan, karena warga bisa berproduksi dan menjualnya di Warung Pintar,” jelas Anas.

Skema kedua, tambahnya, mendorong warung-warung yang sudah ada untuk didigitalkan melalui Warung Pintar, sehingga bisa lebih kompetitif saat harus berhadapan dengan ritel modern.

“Kebetulan, di Banyuwangi, kami membatasi ketat pergerakan ritel modern. Kalau di daerah lain jumlah ritel modern bisa ratusan unit, di Banyuwangi baru puluhan karena memang kami batasi. Tapi warung-warung milik Mbok Yem, Mbok Nah, ini kan tetap harus maju, maka perlu ditingkatkan sistemnya. Warung Pintar bisa menjadi salah satu solusi,” imbuhnya.

Menurut dia, upaya itu merupakan wujud inklusi ekonomi lewat teknologi di Banyuwangi. Dengan meningkatkan sistem warung dari konvensional menuju digital, transaksi jual beli dan daya saing pun akan semakin berkembang.

Sumber: ANTARA

2 COMMENTS