Ilustrasi UMKM Bogor. Foto: Bogor Online.
Ilustrasi UMKM Bogor. Foto: Bogor Online.

Jakarta, MNEWS.co.id – Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Mall BTM, Bogor, untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM lokal di ranah digital. Sejak Maret 2018, Shopee telah bekerjasama dengan Mall BTM menghadirkan “Mall BTM Online” Official Shop yang menampilkan ratusan produk dari tenant Mall BTM secara online.

Sebagai bentuk nyata dari komitmen tersebut, Shopee dan Mall BTM memberikan edukasi untuk mengoptimalkan penggunaan e-commerce dalam memperluas pemasaran secara online melalui BincangShopee: Sukses Jadi Wirausahawan di Era Digital. Inisiatif ini diadakan guna membahas mengenai cara mengembangkan bisnis dan mengajarkan bagaimana cara Fashion Styling agar produk lebih menarik untuk dipasarkan dan dilihat oleh pembeli.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, menyambut baik kerja sama sinergis dengan Mall BTM. Inisiatif ini, menurutnya, juga turut dilatarbelakangi oleh potensi produk lokal dari Bogor yang mengalami peningkatan pemesanan lebih dari 2x lipat di Shopee sejak tahun lalu.

“Selain memberikan pengalaman belanja yang mudah dan efisien kepada para pengguna, kami berharap dengan jangkauan Shopee di 515 kota dan kabupaten, platform kami dapat dijadikan medium dalam memajukan produk lokal Bogor khususnya UMKM. Kini pengguna kami di seluruh Indonesia dapat dengan mudah membeli produk-produk dari Bogor melalui official shop Mall BTM di Shopee,” ujar Handhika dalam siaran pers yang diterima MNEWS di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Sementara itu, Samuel Koshan, Direktur Mall BTM mengatakan, “Kami sangat senang atas sinergi secara offline dan online antara Mall BTM dan Shopee. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi UKM kota Bogor untuk dapat memasarkan produk nya secara lebih luas lagi, bukan hanya kepada pelanggan setia Mall BTM namun juga pelanggan Shopee di seluruh Indonesia. Kami berharap ini dapat mendukung keberlangsungan UKM di kota Bogor ini,” pungkas Samuel.

Kerjasama antara Shopee dan Mall BTM didukung oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bogor dan Badan Kuliner (Bakul Bogor) yang sudah menaungi sekitar 300 UMKM Binaan. Ketua Dekranasda Kota Bogor dan Ketua Bakul Bogor, Yane Ardian Bima Arya, juga turut menyampaikan antusiasmenya dalam kerja sama ini.

“Potensi pelaku UMKM di Kota Bogor khususnya dalam bidang kerajinan dan kuliner terus berkembang. Sudah menjadi komitmen kami untuk mengembangkan dan memanfaatkan peluang guna memajukan para pelaku usaha lokal kota Bogor. Kerjasama sinergis ini tidak hanya membuka peluang bagi UMKM dalam memajukan usahanya namun turut memperkenalkan kekayaan kerajinan dan kuliner Kota Bogor ke seluruh Indonesia melalui aplikasi Shopee,” katanya.

Dalam upaya pengembangan usaha lokal Bogor, Dekranasda Kota Bogor terus melakukan berbagai program salah satunya menambah kanal penjualan melalui Mall BTM di Shopee serta meningkatkan penampilan galeri kerajinan dan penempatan UKM Binaan Dekranasda.

Sejalan dengan komitmen ini, Shopee menampilkan beragam produk khas Bogor termasuk Mall BTM di laman Kreasi Nusantara hingga 29 Januari 2019.Produk ini meliputi, fashion, makanan dan minuman, perawatan dan kecantikan, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dekorasi, dan masih banyak lagi. Kini, pengguna Shopee serta masyarakat Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan produk – produk khas lokal Bogor di manapun mereka berada.