Ilustrasi. (Foto: Pexels)
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pada tahun 2017, Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia serta Kementerian Komunikasi & Informatika Republik Indonesia, mengusung “UMKM Go Online” dengan tujuan untuk memfasilitasi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar siap bersaing pada skala nasional bahkan global.  

Bersama dengan misi pemerintah untuk mengembangkan UMKM, Ralali.com menjadi satu-satunya platform B2B marketplace di Indonesa yang telah menaungi lebih dari 600 ribu UMKM dengan target pemberdayaan 1 juta UMKM dalam 4 bulan selanjutnya. Alexander Lukman selaku Chief Operations Officer (COO) mengungkapkan bahwa dalam mencapai misi yang ada, Ralali.com telah menyediakan berbagai akses serta konektivitas secara relevan untuk para pelaku usaha.

Para pelaku UMKM di Indonesia mempunyai semangat serta antusiasme yang tinggi untuk semakin berkembang, terbukti dengan semakin bertambahnya para pelaku UMKM yang bertransaksi dan memenuhi kebutuhan usahanya dengan menggunakan platform digital. Untuk menyikapi hal tersebut, Ralali.com pun memfasilitasi UMKM di Indonesia menghadirkan infrastruktur teknologi secara holistik untuk para pelaku UMKM.

“Kami sediakan sepenuhnya mulai dari kebutuhan barang dan jasa, pembayaran, pendanaan dan pembiayaan, logistik pengiriman, hingga berinteraksi dan bertransaksi di dalam satu platform ,” ujarnya.

Ralali pun berinovasi dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan, layanan logistik serta akses pendanaan. Inovasi yang dilakukan juga dibantu dengan hadirnya platform digital BIG Agent yang memiliki peran untuk membantu pelaku UMKM untuk terhubung dengan berbagai macam solusi dan kebutuhan usaha secara kompleks.

Kendala yang dialami oleh para pelaku UMKM pun dapat tersingkap dengan lebih tepat dan efektif dengan kinerja BIG Agent yang memberikan layanan survei pasar, promosi, dan akuisisi (penjualan) untuk pelaku UMKM. Melalui inovasi ini Ralali.com menunjukan bahwa telah mempelajari dan siap untuk memenuhi kebutuhan UMKM di Indonesia dengan mengakurasi berbagai solusi dalam satu infrastruktur teknologinya.

Pelaku UMKM yang menggunakan platform online saat ini masih sangat terbatas yaitu kurang dari 8 % dan Alex menilai bahwa tren UMKM untuk Go Online akan tetap memiliki peluang untuk terus meningkat, dan hal ini sejalan dengan pertumbuhan masyarakat yang menggunakan internet di Indonesia sudah mencapai 56,4 %.

“Ralali.com saat ini telah berinovasi melalui berbagai cara di antaranya platform bernama BIG Agent, yang mewadahi tenaga kerja lepas on-demand untuk mengerjakan KYC (profiling buyers), promosi produk yang relevan, serta edukasi digital kepada pelaku usaha terkait bisnis agar tercapai misi UMKM Go Online. Saat ini telah terdaftar 300.000 Sobat Agent (sebutan pengguna BIG Agent) dari 25 kota se-Indonesia dan masih akan terus berkembang jumlahnya secara masif. Jelas, makin banyak penduduk Indonesia yang melek digital, ini saatnya untuk mengajak UMKM Go Online,” ujar Alex.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here