Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memberikan hadiah kepada salah satu pemenang lomba pada Festival Bedol Pamarayan Jumat, (25/10/19). (Foto: Arif Soleh)
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memberikan hadiah kepada salah satu pemenang lomba pada Festival Bedol Pamarayan Jumat, (25/10/19). (Foto: Arif Soleh)

Serang, MNEWS.co.id – Sejumlah produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di beberapa stan dipasarkan dalam pameran pembangunan pada Festival Bedol Pamarayan Kabupaten Serang laris terjual hingga hari terakhir.

Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan ke beberapa stan, hampir semua petugas stan mengatakan produk mereka laku terjual. “Saya tanya gimana barangnya pada laku, alhamdulilah laku terjual, karena kegiatan ini sangat ditunggu oleh masyarakat. Dengan banyaknya pengunjung yang hadir, barang-barang mereka alhmadulillah laku, baik itu makanan, minuman, maupun kerajinan semuanya laku terjual,” kata Tatu.

Tatu menambahkan bahwa kegiatan ini harus terus diadakan oleh Pemda sebagai langkah dari pemasaran untuk produk-produk UMKM di Kabupaten Serang, walaupun targetnya belum tercapai dalam menampilkan produk UMKM atau kerajinan tangan pada pameran tersebut.

“Harusnya target saya, ingin ada pihak perusahaan yang masuk kesini, dan mereka melakukan kontrak, jadi tidak hanya sekedar mereka belanja hanya saat ini, tapi mereka melakukan bisa kontrak untuk berkelanjutan pemesanan barangnya. Targetnya beberapa produk unggulan yang saya anggap sudah bagus secara kualitas,  mereka sudah mempunyai pelanggan. Itu yang menjadi target saya yang belum tercapai,” kata Tatu.

Tatu tetap optimis, kedepan target tersebut bisa tercapai pada kegiatan yang sama di tahun berikutnya. “Jadi nanti kita perbaiki lagi dari cara penyajiannya, jumlah barangnya, informasi-informasinya. Tapi mudah-mudahan dengan nanti mereka masuk ke online yaitu bukalapak.com dan belanja.com, produk UMKM merka makin tersosialisasi, baik produk masyarakat perseorangan maupun perusahaan yang membutuhkan produk yang diproduksi pelaku UMKM,” ungkapnya.

Pameran pembangunan yang digelar pada Festival Bedol Pamarayan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kabupaten Serang ke 493, kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 23-25 Oktober 2019 di area Bendungan Pamarayan. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang, Hamdani, mengatakan, pada intinya dengan digelarnya Festival Bedol Pamarayan bertujuan memberikan peluang kepada masyarakat untuk menjual hasil produknya.

“Betul apa yang disampaikan Ibu Bupati dicek stand UMKM laku semua, ada yang habis kebetulan saya ikut mendampingi Ibu,” ujarnya.

Target pelaksanaan kegiatan ini seperti yang disampaikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah adalah, bisa dikunjungi bukan hanya warga Kabupaten Serang, tapi dari luar Provinsi Banten bahkan dari luar negeri. Mengingat, Bedol Pamarayan merupakan sejarah yang sudah ada sejak Zaman Kesultanan Banten.

“Sengaja kita angkat ini dengan event Festival Bedol Pamarayan yang merupakan cagar budaya sejak Zaman Kesultanan Banten,” ujar Hamdani.