Photo by rawpixel.com from Pexels.
Photo by rawpixel.com from Pexels.

Jakarta, MNEWS.co.id – Sejak digital marketing dan social media marketing menjadi tren di tahun 2012, para marketer Indonesia mulai mempelajari media digital secara otodidak. “Freedom of Sharing” sempat menjadi kebiasaan para marketer untuk saling berbagai informasi melalui blog, tweet series, hingga video tutorial. Namun, tidak sedikit yang mencari referensi buku untuk menggali informasi yang lebih detil.

Masih minimnya buku yang menjadi referensi dasar untuk kebutuhan bisnis digital di Indonesia masih menjadi kendala. PT. Mata Milenial Indonesia kembali menerbitkan buku mengenai strategi digital marketing yang sempat menjadi best seller pada tahun 2014 lalu, yaitu WWW.HM Defining Your Digital Strategy karya konsultan bisnis digital, Tuhu Nugraha.

Irwan Ariefyanto, Pemimpin Redaksi MINEWS yang menerbitkan buku ini mengatakan, medianya membuka diri kepada masyarakat ataupun mahasiswa yang ingin menjadi jurnalis atau membuat konten. Pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada publik untuk menambah kemampuan di era digital, salah satunya dengan meluncurkan buku yang diterbitkan secara terbatas ini.

“Dengan hadirnya buku ini, diharapkan pembaca dapat memahami rule engagement and conversion di media digital,” ujar Irwan dalam sesi Re-Launching Buku WWW.HM Defining Your Digital Strategy di Wisma Intra Asia, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

Irwan juga berharap, dengan membaca buku ini, masyarakat dapat dengan mudah memahami bagaimana perubahan perilaku yang terjadi dari konvensional (non-digital) ke perilaku digital. Buku ini dapat dipesan secara online di situs INI atau pembelian offline dengan datang langsung ke kantor Mata Milenial Indonesia yang berlokasi di Gedung MITV, Wisma Intra Asia, Jalan Prof. Dr. Soepomo No. 58 Tebet, Jakarta Selatan.

Tuhu Nugraha, dosen yang juga praktisi digital marketing menyambut antusias penerbitan ulang buku ini. “Selama ini, persepsi yang muncul dari digital marketing adalah pemasaran lewat social media. Kesalahan berikutnya, persepsi yang keliru adalah menargetkan angka penjualan dari social media,” pungkas Tuhu.

Menurutnya, di Indonesia masih sangat sedikit buku yang membahas mengenai digital marketing. Buku yang ditulisnya ini membahas pemahaman dasar dan ekosistem digital marketing, juga menjelaskan proses merancang digital strategy dalam WWW.HM yang merupakan singkatan dari What, Who, Where, How, Measurement. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk memahami dunia digital marketing dengan lebih terintegrasi. Di era saat ini, tren startup dan wirausaha sedang berkembang pesat, dibutuhkanstrategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here