Ini Dia 5 Konten yang Paling Dicari oleh Penonton Youtube Indonesia
Ilustrasi. (Foto: photoroyalty/freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Keberadaan YouTube di Indonesia kian terlihat dengan peningkatan jumlah penonton mencapai 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jumlah creator platform ini pun terus bermunculan dengan jenis konten yang variatif.

Dari sekian banyak jenis konten yang ada, Google merekam jika terdapat lima konten terfavorit yang paling sering ditonton audiens YouTube di Indonesia. Apa saja?

Otomotif

Konten otomotif menjadi salah satu jenis konten yang paling banyak ditonton oleh audiens YouTube di Indonesia. Per Juni 2020, Google menemukan, terdapat kenaikan jumlah penonton mencapai dua kali lipat untuk jenis konten pameran otomotif.

Head of Large Customer Marketing Google Indonesia Muriel Makarim mengatakan, hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku masyarakat yang lebih memilih untuk tinggal di rumah. Alhasil, mereka cenderung menyalurkan hobi atau sekadar melihat-lihat produk otomotif melalui kanal YouTube.

Tak mau kehilangan momentum, YouTube bersama Kompas Gramedia sempat menggelar festival otomotif daring yang mereka klaim merupakan yang pertama di Indonesia.

Pengetahuan

Konten-konten edukasi ternyata juga menjadi jenis konten yang paling dicari oleh penonton YouTube Indonesia. Per Juni 2020, waktu menonton video dengan topik sains, humaniora, bisnis, dan hukum naik 80% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Di masa-masa seperti saat ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga mereka cenderung mengisi kekosongan untuk mempelajari hal-hal baru,” ungkap Muriel di Jakarta, Selasa (15/09/2020).

Cookies and Cakes

Baking (membuat kue) dari rumah menjadi hobi baru yang mulai diganderungi sejak masa pandemi. Terlebih, banyak kaum ibu yang bekerja dari rumah kerap memanfaatkan waktu untuk memasak atau pun membuat kue sendiri. Alhasil, penelusuran kata kunci cookies dan cakes mengalami peningkatan dua kali lipat pada tahun ini.

Momentum ini dimanfaatkan oleh para pemasar untuk memasarkan produk mereka, tak terkecuali Frisial Flag.

“Guna meningkatkan konsumsi susu bubuk Frisian Flag, kami membuat 17 video resep dengan 6.000 kata kunci yang relevan digunakan pengguna saat melakukan pencarian konten pembuatan kue. Produk kami pun ditempatkan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat resep tersebut,” ungkap Felicia Julian, Marketing Director Frisian Flag Indonesia.

Video Game (Multiplayer Online Battle Arena)

Jenis konten hiburan, terutama game menjadi favorit banyak penonton YouTube di Indonesia.

“Konten gaming memang selalu besar di YouTube, terutama yang berhubungan dengan multiplayer online battle arena yang tumbuh lebih dari 50%. Apalagi, saat ini terdapat tren baru di antara para gamers. Mereka bermain game bersama sembari melakukan live streaming di YouTube dan ditonton oleh banyak orang,” jelas Muriel.

Drama Korea

Drama korea, korea drama, dan drakor merupakan kata kunci yang banyak dicari para penonton YouTube di Indonesia. Ketiga kata kunci tersebut mengalami kenaikan 130% dalam 12 bulan hingga Juli 2020 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Sumber: Marketeers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here