ASAFF 2018: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang: Inovasi Bidang Pertanian dan Keamanan Pangan (dok/ASAFF 2018)
ASAFF 2018: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang: Inovasi Bidang Pertanian dan Keamanan Pangan (dok/ASAFF 2018)

Jakarta, M-News.co.id – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi untuk menjadi salah satu produsen makanan utama di dunia. Dengan 39,5 juta hektar lahan pertanian, terdiri dari 8,1 juta hektar sawah, 11,9 juta hektar perkebunan, dan 19,5 juta hektar lahan pertanian lainnya, Indonesia memiliki modal besar untuk mengembangkan industri pertanian, baik untuk memenuhi permintaan domestik maupun untuk mengekspor komoditas dan produk mereka ke negara lain.

HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESIA (HKTI) menyadari pentingnya pertanian dan bidang-bidang yang terkait. Dahulu, pertanian hanya terkonsentrasi pada produksi tanaman pangan. Namun dalam beberapa dekade terakhir, pertanian telah dikaitkan dengan sejumlah besar peluang yang berhubungan dengan sumber utama makanan dan bahan mentah untuk mata pencaharian dan juga berfungsi sebagai tulang punggung ekonomi utama bagi negara.

Banyak produk pertanian Indonesia yang berkualitas tinggi belum muncul di pasar global. Inilah yang menjadi perhatian utama HKTI dalam memberikan kesempatan kepada para petani untuk dapat berinteraksi dengan para pengambil keputusan pertanian kelas dunia dari kalangan bisnis, pemerintah, investor, komunitas pembangunan dan petani itu sendiri, guna membangun pendekatan inovatif dan kolaboratif untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi nasional.

Mengambil momentum ASIAN GAMES 2018 dimana Indonesia akan menjadi sorotan global, HKTI mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan ASIAN AGRICULTURE & FOOD FORUM (ASAFF) 2018 pada tanggal 28–30 Juni 2018 di Jakarta. ASAFF 2018 merupakan forum untuk menghasilkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan akses petani terhadap keuangan, teknologi, pengetahuan dan pasar di seluruh komoditas yang berfokus pada keberlanjutan pertanian, inovasi produk, keamanan pangan dan kolaborasi sepanjang rantai makanan secara holistik untuk mempromosikan produk Indonesia di Kawasan Asia dan global.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ASAFF 2018 turut diselenggarakan FOOD FESTIVAL ASAFF 2018 sebagai wujud sinergi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia dengan Komunitas Sahabat UMKM. Kegiatan Food Festival ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia kepada dunia. Lebih dari 40 pelaku usaha dari sektor kuliner turut ambil bagian untuk meramaikan FOOD FESTIVAL ASAFF 2018 dan akan menyajikan beragam kuliner pilihan khas Indonesia.

Dengan mengusung tema “ Mengubah Tantangan Menjadi Peluang: Inovasi Bidang Pertanian dan Keamanan Pangan “, dengan diselenggarakannya ASAFF 2018 diharapkan dapat  menciptakan kolaborasi dan sinergi antara perusahaan-perusahaan di sektor pertanian dan terkait dalam meningkatkan posisi industri pertanian Asia di mata dunia.