Photo by destiawan nur agustra from Pexels.
Photo by destiawan nur agustra from Pexels.

Jakarta, MNEWS.co.id — Co-Founder dan CEO Alamat.com, Daniel Cahyadi, mengungkapkan bahwa saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 170 juta jiwa. Akan tetapi, hanya 5% dari pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sudah memanfaatkan internet untuk bisnisnya.

“Kita ingin membantu pengguna dalam menemukan tempat gaya hidup terbaik di sekitar mereka. Di sisi lain, kita juga mau membantu pelaku UMKM di sektor gaya hidup dan jasa untuk mau memanfaatkan fasilitas teknologi digital dengan lebih maksimal,” ujarnya dilansir dari Bisnis, baru-baru ini

Dia menjelaskan, Alamat.com hadir berupa situs dan aplikasi bagi android merupakan direktori alamat pelaku UMKM di sektor jasa dan gaya hidup, lengkap dengan ulasan, peringkat, hingga promosi. Tak hanya menyediakan profil bisnis, pihaknya juga sekaligus menyediakan metode pembayaran dengan Gopay.

Saat ini, Daniel menyebut sebanyak 35.000 pelaku UMKM di Jabodetabek telah terdaftar di alamat.com. Pihaknya juga tengah berancang-ancang untuk ekspansi ke tiga kota besar lainnya di Pulau Jawa tahun ini untuk meningkatkan traffiknya. Namun, dia mengaku masih dalam kajian untuk menentukan kota mana yang dipilih.

“Kita membantu pemilik bisnis yang tadinaya offline untuk memiliki kapabilitas e-commerce. Mereka bisas mengkomunikasikan produk-produk mereka untuk bisa diakses pengguna. Kami juga dapat memberitahu pengguna bahwa tempat ini ada promosi yang seru,” ujarnya.

Selain melancarkan ekspansi ke tiga kota tahun ini, perusahaan juga berencana merilis aplikasi dengan format IoS dalam waktu dekat. Daniel juga mengungkapkan rencananya untuk menambah fitur-fitur baru yang mirip media sosial, di mana pengguna yang telah mengunjungi tempat yang ada di daftar Alamat.com dapat membagikan kontennya saat menikmati layanan di tempat tersebut.

Lebih lanjut, dia menyatakan saat ini perusahaan belum menerapkan monetisasi bagi pemilik bisnis yang hendak mendaftarkan profil usahanya pada Alamat.com. Menurutnya, perusahaan masih berfokus dalam meningkatkan jumlah pelaku UMKM maupun jumlah pengguna yang menggunakan layanannya.

Alamat.com didirikan oleh Daniel Cahyadi Michael Dihardja pada 2018. Perusahaan rintisan ini merupakan salah satu peserta dalam program akselerator Digitaraya Batch I.

Daniel menyebut perusahannya telah menerima investasi pre-seed funding dari angel investor pada Januari tahun ini. Pihaknya juga akan menggalang pendanaan putaran selanjutnya dalam waktu dekat (Deandra Syarizka).

Sumber: Bisnis