Photo by rawpixel.com from Pexels.
Photo by rawpixel.com from Pexels.

Jakarta, MNEWS.co.id – Tiga orang mahasiswa UNIKOM Bandung berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang akan mempermudah UMKM dalam membuat teks promosi atau konten marketing di media sosial. Aplikasi tersebut bernama Sellution, hasil karya Monica Adela, Satria Adi Putra, dan Muhammad Naufal. Ketiganya akan mewakili Indonesia mengikuti Imagine Cup Asia Regional Final 2019 di Sydney pada 9-14 Februari 2019.

Prestasi anak bangsa ini tentu saja mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara. Ia mengucapkan selamat dan memberikan doa restu kepada pencetus Sellution ini.

“Selamat dan sukses untuk teman-teman dari UNIKOM Bandung yang akan ikut Imagine Cup di Sydney, mereka terpilih sebagai satu-satunya dari ribuan aplikasi yang direview langsung oleh Microsoft Indonesia hingga mewakili negara kita mengikuti Imagine Cup,” ucap Menteri Rudiantara di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (4/2/2019), dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Rudiantara berharap prestasi dan karya anak bangsa harus terus ditingkatkan hingga ke kancah internasional. Sebab, Kementerian Kominfo juga menyiapkan program Digital Talent Scholarship yang akan meningkatkan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas di bidang teknologi, oleh sebab itu, Menteri Rudiantara mengatakan pemerintah selalu mendukung karya anak bangsa.

Menkominfo Rudiantara bersama pencetus aplikasi UNIKOM dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia,
di Jakarta, Senin (4/2/2019). Foto: Kominfo.

“Indonesia sudah memiliki ribuan startup dan empat unicorn, Saya berharap lebih banyak lagi anak bangsa yang meningkatkan prestasinya, dan semoga teman-teman dari Sellution dapat juara lagi, harapan saya mereka harus juara lagi sampai ke tingkat dunia,” ujar menteri saat menerima rombongan tersebut yang ditemani President Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee. 

Tim dari CodeSell ini telah beberapa kali mengikuti lomba internasional, seperti diantaranya, APICTA 2018 Merit Awards kategori Tertiary Student Project Asia Pasific ICT Alliance Awards, Best Innovation di Innoserve 2018 dan Bronze Medal kategori Startup – Asean ICT Awards pada AICTA 2018.

Mentor tim CodeSell Adam Mukharil Bachtiar mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi big data dan mesin burning, aplikasi Sellution dapat membantu para UMKM agar dengan mudah menjalankan teks promosi kepada pelanggannya.  

“Secara garis besarnya, kita menciptakan sebuah produk yang bisa digunakan oleh para UMKM di Indonesia untuk membuat teks promosi atau konten marketing agar lebih bagus dan mudah, kita juga bisa membantu para UMKM untuk mengantarkan teks promosi yang mereka buat ke orang yang tepat dan menjadi proses pembelajaran bagi pelaku UMKM,” kata Adam.