Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua Umum Forum UMKM Sumbar Nevi Zuairina, Kepala Dinas Koperasi Sumbar Zirma Yusri dan pembuat aplikasi meluncurkan bajojo.id. (Foto: ANTARA)
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua Umum Forum UMKM Sumbar Nevi Zuairina, Kepala Dinas Koperasi Sumbar Zirma Yusri dan pembuat aplikasi meluncurkan bajojo.id. (Foto: ANTARA)

Padang, MNEWS.co.id – Dinas Koperasi Sumatera Barat, Kota Padang, menghadirkan aplikasi bernama bajojo.id yang merupakan wadah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menjual produk secara online atau daring.

Nasrul Abit, Wakil Gubernur Kota Padang mengatakan, melalui aplikasi tersebut nantinya pasar  UMKM Sumbar bisa lebih luas, menjangkau antar provinsi bahkan mungkin menjangkau perantau di luar negeri.

Nasrul menjelaskan bahwa saat ini jumlah UMKM di daerah itu, terutama usaha mikro sangat banyak mencapai 593 ribu unit. Sementara usaha kecil dan menengah masih sangat sedikit.

“Hampir 90 persen usaha yang ada di Sumbar berbasis usaha mikro dan kecil. Usaha semacam ini butuh dukungan permodalan juga akses pasar,” katanya.

Aplikasi tersebut memiliki misi untuk membesarkan pelaku UMKM di daerah, namun bukan bersaing dengan e-commerce yang sudah lebih dahulu hadir dan besar di Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi Sumbar, Zirma Yusri mengatakan ide untuk membuat aplikasi tersebut muncul dalam diskusi bersama Ketua Umum Forum UMKM Sumbar, Nevi Zuairina yang memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan UMKM di daerah itu.

“Ide itu dikembangkan dan kebetulan ada yang bisa membuat aplikasinya, jadi langsung kita kerjakan,” kata Zirma. Saat ini baru sekitar seratusan UMKM yang telah bergabung dalam aplikasi bajojo.id. Namun ke depan diharapkan ribuan usaha lain bisa bergabung. 

Zirman menambahkan bahwa saat ini pihaknya akan bekerja sama dengan Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau. Hal itu bertujuan untuk menjangkau para perantau, agar menggunakan aplikasi ini guna mendukung perekonomian masyarakat di kampung.

Pelaku UMKM yang ingin mendaftarkan diri untuk bisa bergabung dalam aplikasi ini bisa mendaftar di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM atau yang biasa dikenal dengan PLUT-KUMKM.