Ilustrasi Foto Produk. Foto: Google Images.
Ilustrasi Foto Produk. Foto: Google Images.

Jakarta, MNEWS.co.id – Berjualan di dunia maya butuh trik tersendiri untuk menarik perhatian para pembeli. Salah satu aspek terpenting adalah visual. Visualitas berupa foto atau ilustrasi yang menarik dan informatif menjadi kunci keberhasilan perniagaan secara online.

Ghalih Wirahadi Akbari dari Shopee Indonesia membeberkan tips dan trik agar foto produk semakin dilirik. Menurutnya, ada beberapa langkah krusial dalam menggarap foto produk. Pertama, penerangan (lighting) yang cukup, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Bisa memanfaatkan cahaya matahari jika tidak memiliki tambahan peralatan lighting.

Kemudian, tunjukkan produk dengan perbandingan yang mendukung. Misalnya, gunakan benda pelengkap lain yang sekaligus berguna sebagai ornamen dalam komposisi foto, agar calon pembeli mengetahui perkiraan ukuran produk.

Ghalih Wirahadi Akbari dalam acara Kelas Komunitas bersama Shopee dan Sahabat UMKM,
di Jakarta Creative Hub. Foto: (doc/MNEWS)

“Fokus pada produk yang ingin ditunjukkan, sebaiknya beri perbandingan antara foto produk saat dipajang dan saat dipakai. Gunakan background yang tepat, misalnya warna yang kontras dengan warna produk, dan jika dibutuhkan bisa di-crop untuk hasil lebih maksimal,” jelas Ghalih dalam acara Kelas Komunitas bersama Shopee dan Sahabat UMKM, di Jakarta Creative Hub, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Ghalih juga memberikan tips mengambil foto dengan smartphone. Pertama, nyalakan HDR (High-dynamic-range) pada ponsel, fungsinya untuk mendapatkan kisaran luminositas (kecemerlangan) yang lebih dinamis pada gambar. Kedua, ambil foto sejajar dengan pandangan mata (eye-level) agar bentuknya proporsional. Ketiga, posisikan objek di bagian tengah dan fokuskan. Lalu, ambil beberapa angle yang berbeda, minimal 3 angle.

Menurut Ghalih, tidak ada yang benar dan salah dalam fotografi. Produk yang direpresentasikan dalam sebuah foto, mewakili keseriusan dalam berjualan.

“Konsistensi dalam memajang produk itu perlu, untuk menciptakan branding yang kuat. Ciptakan gambar yang menarik, dan jangan ragu bereksperimen,” tutupnya.