Ilustrasi Work From Home. (Foto: Freepik)
Ilustrasi Work From Home. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan terkait fleksibilitas dalam bekerja, termasuk memperbolehkan karyawan untuk bekerja dari rumah alias remote working atau work from home.

Work from home sendiri dipercaya dapat meningkatkan motivasi kerja dan kreativitas seseorang. Mungkin, suasana kantor yang begitu-begitu saja terasa membosankan. Dengan bekerja dari rumah, yang mana tentunya memiliki perbedaan suasana dan pemandangan, bisa menjadi penyegar bagi karyawan yang sedang suntuk.

Work from home memiliki banyak keuntungan, baik dari segi perusahaan maupun karyawan. Namun, apabila bekerja dari rumah tidak dilakukan secara bertanggung jawab, hati-hati kerugiannya akan menjadi lebih banyak.

Adakah cara untuk meningkatkan produktivitas saat Work From Home? Jawabannya, ya. Untuk itu, silakan simak tips yang kami ambil dari Moka yang dapat membantu meningkatkan produktivitas, terutama bagi para pengusaha yang sedang menerapkan kebijakan Work From Home di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

  1. Bangun Pagi Seperti Biasa
    Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas saat work from home adalah bangun pagi seperti biasa. Bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa bangun siang dan bermalas-malasan. Mari pikirkan skenario berikut ini. Biasanya Anda bangun pukul 6 pagi dan berangkat pukul 7 dengan harapan bisa sampai di kantor sebelum pukul 9.

    Ketika bekerja dari rumah, Anda tetap bisa bangun pagi pukul 6 atau 7. Kemudian, awalilah kegiatan pagi Anda dengan hal-hal yang bisa menambah motivasi kerja, misalnya minum kopi atau teh hangat, membaca koran atau berita online, berolahraga, dan sebagainya.

    Persiapkan diri Anda terlebih dahulu untuk bekerja supaya otak dan badan Anda lebih siap.

  2. Mandi dan Berpakaian Rapi
    Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan supaya work from home menjadi lebih efektif adalah mandi. Ya, sama halnya ketika Anda hendak berangkat bekerja ke kantor. Merasa segar setelah mandi akan membuat tubuh Anda lebih terjaga. Mandi air dingin akan mempercepat peredaran darah ke selutuh tubuh sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar. 

    Setelah mandi, kenakanlah pakaian bersih dan wangi. Bila perlu, Anda juga bisa mengenakan pakaian kantor Anda supaya feel-nya tidak berbeda ketika sedang work from home

  3. Jangan Lupa Sarapan dan Makan Siang
    Sebelum beraktivitas, ada baiknya Anda sarapan terlebih dahulu. Dengan sarapan, Anda bisa mendapatkan energi lebih untuk beraktivitas sepanjang hari, menjaga konsentrasi selama bekerja, menyegarkan otak, menyehatkan tubuh, serta menambah nutrisi yang Anda perlukan.

    Kemudian, jangan lupa juga untuk makan siang, ya. Tak jauh berbeda dengan sarapan, makan siang dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi, menambah vitamin, melepas stres yang membebani, dan Anda pun bisa mencukupi kebutuhan gizi.

    Sedikit tips, hindari makan siang sambil bekerja, ya! Anda pasti butuh untuk meregangkan otot (setidaknya berjalan dari ruang kerja ke ruang makan) dan butuh pemandangan baru juga, kan?

  4. Buat To Do List
    Setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan dengan deadline mepet dapat Anda cegah dengan membuat daftar pekerjaan. Daftar pekerjaan ini dapat Anda lakukan di pagi hari atau satu hari sebelumnya.

    Susunlah daftar pekerjaan tersebut berdasarkan prioritas dan deadline-nya sehingga Anda bisa menyelesaikan semuanya dengan maksimal dan tepat waktu. Bagaimana cara membuat To Do List? Anda bisa membuatnya secara manual di kertas atau mencatatnya di notes laptop.

  5. Siapkan Koneksi Internet yang Stabil
    Salah satu kekurangan bekerja dari rumah yang harus Anda hadapi adalah Anda harus menyiapkan koneksi internet yang stabil. Internet yang stabil akan membantu Anda untuk lebih produktif juga menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan dengan cepat.

    Selain menggunakan Wi-Fi di rumah, Anda juga bisa tethering internet dari ponsel Anda. Ya, sudah pasti akan memakan banyak kuota, sih. Namun, demi kelancaran seluruh pekerjaan, berkorban selama bekerja dari rumah tidak masalah, kan?

  6. Bersihkan Meja Kerja
    Demi meningkatkan produktivitas saat work from home, coba untuk membersihkan meja kerja Anda. Buang barang-barang yang tidak diperlukan, seperti kertas yang berserakan. Kemudian, atur meja dan berikan area yang cukup untuk menaruh laptop, mouse, atau catatan Anda. Gunakanlah kursi yang nyaman agar Anda betah duduk berlama-lama. 

    Pastikan ruang kerja Anda cukup terang dan bila perlu, siapkan hal-hal mendukung yang dapat memotivasi Anda untuk bekerja dari rumah.

    Misalnya, speaker untuk memainkan musik-musik kesukaan, aromaterapi untuk menambah semangat kerja, minuman untuk menyegarkan diri, dan sebagainya.

  7. Rajin Cek Kalender untuk Mengetahui Jadwal Meeting
    Bekerja dari rumah bukan berarti tidak dapat meeting jarak jauh, Maka dari itu, demi meningkatkan produktivitas saat work from home, jangan lupa untuk mengecek kalender secara rutin untuk mengetahui apakah pada hari itu Anda memiliki jadwal meeting. Entah dengan rekan kerja, klien, partner, dan seterusnya. Bila perlu, masukan jadwal meeting tersebut di To Do List Anda supaya tidak lupa.

    Nah, ketika sedang bekerja dari rumah, adakah tools yang bisa digunakan untuk meeting jarak jauh? Tentu saja. Anda bisa memanfaatkan Zoom atau Google Hangouts. Atau bila kepepet, Anda juga bisa menggunakan WhatsApp Video Call.

  8. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik
    Bekerja selama berjam-jam hanya akan membuat otot Anda kaku. Untuk itu, yuk tetap lakukan aktivitas fisik selama 2 jam sekali demi meningkatkan produktivitas saat work from homeAnda bisa stretching atau berjalan-jalan sebentar.

  9. Tidak Korupsi Waktu Kerja
    Dibanding bekerja di kantor, bekerja dari rumah rasanya lebih bebas dan fleksibel. Akan tetapi, tentu saja para karyawan harus bertanggung jawab dalam menjalani pekerjaannya.

    Lebih baik Anda mengoptimalkan 8-9 jam kerja di rumah dengan maksimal, yakni dengan tidak melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan. Misalnya, menonton film, tidur-tiduran sampai ketiduran, jalan-jalan di mal, dan sebagainya.

    Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik perusahaan dan karyawan saling bekerja sama dalam memantau pekerjaan masing-masing. Dengan begitu, meningkatkan produktivitas saat work from home tidak akan terasa sulit.

  10. Aktifkan Ponsel dan Saluran Komunikasi Lainnya
    Cara lain untuk meningkatkan produktivitas saat work from home adalah Anda tetap harus standby. Pastikan ponsel dan kanal komunikasi lainnya aktif untuk menunjukkan bahwa Anda memang sedang bekerja, responsif, dan dapat diandalkan.


Itulah dia beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan produktivitas saat work from home. Kalau Anda sendiri, lebih suka bekerja di kantor atau bekerja dari rumah? Mana yang lebih efektif untuk Anda?