Pelaku UMKM mendapatkan edukasi terkait manfaat dari transaksi nontunai secara digital DANA di Malang Folks Market, Jumat (4/10/19) (Foto : Dana)
Pelaku UMKM mendapatkan edukasi terkait manfaat dari transaksi nontunai secara digital DANA di Malang Folks Market, Jumat (4/10/19) (Foto : Dana)

Malang, MNEWS.co.id – Dana perusahaan rintisan Indonesia yang bergerak dalam sektor teknologi finansial yang menyediakan infrastruktur pembayaran, mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menggunakan teknologi digital. Selain itu Dana juga mempercepat inklusi keuangan dengan menjangkau masyarakat yang belum tersentuh oleh perbankan.

Vincent Iswara, CEO dan juga salah satu Founder DANA, mengatakan perusahaan rintisan tersebut serius dalam mendukung peningkatan kompetensi UMKM Indonesia. Hal tersebut dilakukan dengan semakin intensifnya DANA dalam melakukan upaya-upaya edukatif untuk mendorong terselenggaranya transformasi digital di kalangan UMKM. “Salah satunya dengan menjadi infrastruktur transaksi digital di ajang ekonomi kreatif terkemuka Malang Folks Market pada tanggal 4–6 Oktober 2019,” ungkapnya pada Sabtu (5/10/19).

Ajang Malang Folks Market yang diselenggarakan oleh Jagoan Indonesia, merupakan sebuah platform sociopreneur untuk pemberdayaan industri kreatif lokal, serta Dinas Perindustrian Kota Malang, DANA mengajak pelaku usaha kreatif skala UMKM, konsumen, hingga pemerintah daerah, untuk merasakan langsung keunggulan dan manfaat dari transaksi nontunai secara digital melalui penggunaan dompet digital DANA.

Menurut Vincent, UMKM dapat mengoptimalkan fungsi fitur Kirim DANA atau Minta DANA untuk memberikan opsi pembayaran bagi pelanggan. Selain melalui pemindaian QR Code yang telah tersedia di setiap gerai, para pelaku UMKM dapat mengeksplorasi fitur DANA Kaget apabila ingin memberikan kejutan istimewa bagi pelanggan-pelanggan terpilih.

Selain itu, fitur Card Binding (penyimpanan kartu debit dan kartu kredit) yang tersedia di dompet digital DANA juga untuk mendukung terselenggaranya proses transaksi yang cepat, praktis, dan aman. Melalui fitur ini, pengguna DANA tidak perlu melakukan top-up atau penambahan saldo jika saldo DANA-nya kurang atau bahkan nol rupiah. Itu karena mereka dapat menggunakan kartu debit atau kartu kreditnya sebagai sumber dana ketika bertransaksi.

“Fitur-fitur berteknologi canggih serta kapabilitas dompet digital DANA juga dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis kreatif berskala UMKM untuk mendukung bisnis mereka dan menciptakan inovasi layanan bagi pelanggannya. Untuk mendaftarkan bisnisnya sebagai mitra DANA, pelaku UMKM dapat melakukan verifikasi Know Your Business (KYB) secara mudah, cepat, dan praktis dengan mengikuti panduan yang ada di dompet digital DANA,” katanya.

Dana juga memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menghadirkan pengalaman pengguna yang beragam (user experience – UX) seperti yang dilakukan DANA di Malang Folks Market serta gelaran-gelaran serupa, akan terus menjadi fokus DANA dan akan dilakukan secara konsisten. Bagi DANA, semakin banyak ragam UX yang bisa dihadirkan dan terbukti andal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, maka peluang untuk terjadinya peralihan dari budaya transaksi tunai ke nontunai secara digital akan semakin besar.