Instagram dikabarkan tengah kembangkan aplikasi baru khusus jual-beli online (image: inferse.com)
Instagram dikabarkan tengah kembangkan aplikasi baru khusus jual-beli online (image: inferse.com)

Jakarta, MNews.co.id – Instagram dikabarkan akan menggarap sebuah aplikasi mandiri yang diperuntukkan bagi penggunanya yang gemar jual-beli secara online. 

Dikutip dari media The Verge, aplikasi tersebut diperkirakan bernama IG Shopping dan masih berada dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu belum dapat dipastikan kapan aplikasi ini akan dirilis bahkan masih ada kemungkinan pengembangan ini akan dihentikan.

Namun menurut sumber terdekat yang enggan disebutkan identitasnya, Instagram sendiri meyakini aplikasi ini akan jadi ekspansi besar untuk mulai bergelut dalam persaingan e-commerce secara global. Memang, Instagram pantas untuk percaya diri. Pasalnya menurut Facebook Chief Operating Officer, Sheryl Sandberg, saat ini ada sekitar lebih dari 25 juta bisnis yang memiliki akun Instagram. Sebanyak 2 juta di antaranya adalah para pengiklan.

Menurut sumber tersebut, melalui aplikasi ini pengguna bisa mengeksplorasi barang-barang milik akun merchant yang mereka ikuti dan membayar langsung lewat aplikasi. Kendati demikian pihak Instagram belum memberi keterangan resminya terkait kabar ini.

Saat ini bagi Instagram, membuat aplikasi jual-beli yang berdiri sendiri memang merupakan sebuah peluang besar. Sebagaimana kita tahu penggunaan Instagram yang awalnya sekadar media sosial untuk berbagi foto beralih menjadi layaknya katalog online untuk para penjual. Dengan adanya aplikasi ini artinya Instagram akan memiliki sebuah wadah khusus bagi para pelaku e-commerce dan tentu saja dapat meningkatkan pendapatan Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri sejatinya sudah mulai melakukan uji coba fitur belanja pada November 2016 silam. Kala itu fitur tag harga diuji pada platform ini. Pengembangan ini sejatinya sudah lebih dulu dilakukan oleh Facebook. Platform media sosial yang juga induk dari Instagram ini menyediakan tempat atau fitur jual-beli bagi para pengguna yang ingin berjualan secara online.