Ilustrasi taksi online. (Foto: ANTARA)
Ilustrasi taksi online. (Foto: ANTARA)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dua perusahaan teknologi yang melayani jasa angkutan berbasis daring, Gojek dan Grab, menyediakan layanan jasa antar jemput untuk para tenaga medis di Indonesia yang hingga saat ini berjuang menangani pasien COVID-19.

“GoRide, GoCar untuk mempermudah mereka (tenaga medis), saat lelah bisa order dan pulang,istirahat,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek Indonesia, Shinto Nugroho di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Hal senada disampaikan oleh Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dalam kesempatan yang sama. Grab menyiagakan semua armada untuk para tenaga medis yang kelelahan.

“Kami sediakan armada GrabCar, GrabExpress sehingga membantu garda depan, bantu pekerja medis yang kelelahan. Kami pastikan mobilnya didisinfeksi setiap hari sehingga memberikan kenyamanan pada penumpang,” ujarnya.

Belum disebutkan secara detil apakah layanan ini berbiaya atau tidak. Kemudian apakah mekanisme pemesanannya sama seperti biasa atau ada hal yang dipersiapkan kedua perusahaan itu khusus untuk para pekerja medis.

Dukungan untuk tenaga medis juga diberikan dalam bentuk penyediaan makanan-makanan bergizi dari para mitra Gojek di bidang usaha makanan.

“Kami bekerja sama dengan UMKM, menyediakan makanan bergizi untuk profesional medis kita,” tutur Shinto.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Drg. Oscar Primadi, menyambut baik upaya kolaborasi semua komponen masyarakat dalam menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

“Ini langkah besar bagi kami untuk berkolaborasi. Semua komponen bangsa, perekat bangsa hadir. Saya (mewakili Menteri Kesehatan dan Pemerintah Indonesia) berterima kasih kepada semua penggiat teknologi yang ikut memikirkan masalah kita yang besar ini,” ucapnya.